Term & Conditions
Tentang Syarat dan Ketentuan
- Syarat dan Ketentuan ini mengatur penggunaan platform Quision (“Platform”) sebagai penghubung antara peneliti dan responden dalam kegiatan penelitian.
- Dengan mengakses atau menggunakan Platform, Anda setuju untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak setuju, harap jangan menggunakan Platform.
Definisi dan Istilah
-
Pengguna Quision: Merepresentasikan individu yang memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh Quision.
-
Kuesioner: Mewakili inti dari layanan utama dalam platform Quision, dimana tujuannya adalah menghubungkan para peneliti dengan responden dalam konteks survei. Alat Kuesioner berfungsi sebagai pondasi survei, mengumpulkan respons data dari sejumlah pertanyaan yang telah dibuat oleh Peneliti dan merupakan salah satu elemen esensial dalam Quision, terdiri dari serangkaian pertanyaan yang ditujukan kepada Responden dan digunakan dalam penyelenggaraan kuesioner.
-
Proses Registrasi Pengguna: Tahapan di mana individu melakukan pendaftaran secara daring melalui platform Quision, dengan memberikan informasi terkait Pengguna termasuk alamat email dan nomor telepon.
-
Pengguna Akun: Mengacu pada individu yang menggunakan akun mereka setelah menyelesaikan tahap Registrasi Pengguna pada platform Quision, yang memberikan akses untuk memanfaatkan seluruh fitur dan layanan yang disediakan oleh Quision.
-
Penerbit Kuesioner: Merujuk pada individu atau entitas bisnis yang menggunakan akun Pengguna di dalam platform Quision untuk merancang kuesioner yang disebut sebagai “Peneliti.”
-
Responden Kuesioner: Menggambarkan Pengguna yang merupakan pengisi kuisioner di platform Quision dan bersedia menjawab kuesioner sesuai kriteria yang ditentukan dan dibuat oleh Peneliti.
-
Isi Kuesioner: Keseluruhan pertanyaan dan pernyataan yang diberikan oleh Pembuat Kuesioner, yang akan ditampilkan sebagai kuesioner kepada Penerima Isi Kuesioner sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
- Audit Pengisian Kuesioner: Semua pengisian kuisioner oleh responden akan diperiksa oleh pihak Quision untuk memastikan data yang tetap valid dan bisa digunakan untuk penelitian. Pemeriksaan dilakukan melalui on-platform dan pengisian koresponden. Quision melakukan filtering kriteria melalui identitas responden secara otomatis melalui sistem serta dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pengisian responden melalui form pihak ketiga untuk memastikan kriteria responden benar.
- Anulir dan Validitas: Quision dapat menganulir semua pengisian responden yang dianggap tidak layak baik secara kelengkapan pengisian identitas, ketidaksesuaian kriteria maupun kecurangan dan manipulasi lainnya. Pengisian responden yang benar akan memiliki “cap” valid sesuai kriteria dan berhak mendapatkan reward Qu Coinnya. Quision mempunyai visi agar responden dapat menyajikan data yang valid dengan pengisian yang jujur dan amanah.
-
Qu Coin: Unit mata uang pada platform Quision dalam bentuk koin digital yang digunakan oleh Pembuat Kuesioner untuk meluncurkan survei berbayar dalam platform Quision, di mana 1 Qu Coin setara dengan Rp1,- (satu rupiah) dan bisa dicairkan menjadi Rupiah ketika memenuhi ambang batas atau threshold yang ditentukan.
-
Pencairan Qu Coin Menjadi Rupiah: Pemberian insentif kepada Responden Kuesioner sebagai rasa terima kasih atas penyelesaian survei yang telah dilakukan, pencairan dilakukan baik berupa saldo eWallet maupun melalui Berbagai Bank di Indonesia.
Proses Pengisian Kuesioner di Platform Quision
Dalam proses pengisian kuesioner di platform Quision, terdapat empat status yang menggambarkan tahapan verifikasi dan pengiriman reward. (Anda dapat memeriksa pengisian Anda melalui tautan ini atau menuju ke menu “Kuisioner”).
-
Status Sedang Diperiksa
-
Pengisian kuesioner Anda telah terdata dan sedang dalam proses audit untuk memastikan validitas jawaban.
-
Estimasi waktu audit: 3-5 hari kerja.
-
Catatan: Hubungi CS jika pengisian Anda tidak terdata atau berstatus “Sedang Diperiksa” lebih dari 5 hari kerja.
-
Status Proses Pengiriman Reward
-
Pengisian Anda telah lulus audit, dan reward sedang dalam proses pengiriman.
-
Estimasi waktu: 1-2 hari kerja.
-
Status Reward Terkirim
-
Status Anulir
-
Pengisian dianulir jika tidak memenuhi kriteria atau ditemukan kecurangan, seperti:
-
Tidak sesuai kriteria demografi.
-
Informasi identitas tidak sesuai.
-
Mengisi kuisioner asal-asalan atau terindikasi spam.
-
Memiliki lebih dari satu akun.
-
Akun yang melanggar akan di-blacklist.
Untuk menjaga keakuratan dan kredibilitas data yang dikumpulkan, Quision menerapkan sistem peringatan dan sanksi bagi responden yang melanggar aturan sebagai berikut:
Stage 0: Teguran Pemberitahuan
Teguran ini berlaku jika responden:
- Tidak sesuai dengan kriteria yang diminta (contoh: domisili di luar area yang ditentukan).
(Tips: Harap periksa terlebih dahulu kriteria demografi dan spesifik yang dibutuhkan peneliti.)
- Informasi identitas yang dimasukkan saat pengisian kuisioner tidak sama atau tidak sesuai dengan identitas yang terdaftar di platform Quision (contoh: Nama, Email, Nomor HP, Domisili, Pekerjaan, dll.).
- Penggunaan Identitas Palsu atau Tindakan Fraud Identity, seperti: Menggunakan nama artis/selebriti, Menggunakan nama anonim, Menggunakan nama tidak lengkap atau singkatan., Memalsukan nama, tempat tinggal, atau umur. (Pelanggaran beresiko ke Stage pertama dan Diawasi – 1x).
- Identitas responden (Nama, Email, Nomor HP, Domisili, Pekerjaan, dsb.) saat pengisian kuesioner tidak sesuai dengan identitas pada platform. (Pelanggaran beresiko ke Stage pertama dan Diawasi – 1x).
- Mengisi Kuesioner secara tidak sesuai atau asal-asalan. (Jika Sudah Abnormal dan Terlalu Sering Dilanggar maka beresiko ke Stage pertama dan Diawasi – 1x).
- Tidak menyertakan file screenshot sebagai bukti pengisian kuisioner.
Stage 1: Surat Peringatan 1 (Akun Masuk Dalam Pengawasan)
Surat peringatan ini berlaku jika responden:
- Tidak mengindahkan teguran pada Stage 0.
- Melakukan SPAM pengisian konfirmasi kuisioner yang sama lebih dari tiga kali.
- Mengisi kuisioner secara tidak sesuai atau asal-asalan lebih dari dua kali.
- Tidak mengubah atau menyesuaikan identitas sesuai teguran, termasuk:
- Identitas saat pengisian kuisioner tidak sama dengan identitas pada platform. (Pelanggaran Beresiko ke Stage kedua – 2x)
- Penggunaan identitas palsu atau Tindakan Fraud Identity. (Pelanggaran Beresiko ke Stage kedua – 2x)
- Melakukan tindakan curang,eksploitasi, dan fraud lainnya skala rendah sampai sedang.
Stage 2: Surat Peringatan 2 Keras (Akun Masuk Dalam Pengawasan)
Surat peringatan ini berlaku jika responden tidak mengindahkan teguran pada Stage 1 dan melakukan tindakan merugikan yang berdampak pada validitas dan integritas data Quision.
Pada tahap ini:
- Tidak mengubah atau menyesuaikan identitas sesuai teguran, termasuk:
- Identitas saat pengisian kuisioner tidak sama dengan identitas pada platform. (Pelanggaran Beresiko ke Stage 3 – 3x)
- Penggunaan identitas palsu atau Tindakan Fraud Identity. (Pelanggaran Beresiko ke Stage 3 – 3x)
- Terdeteksi memiliki lebih dari satu akun (1 orang hanya boleh memiliki 1 akun).
- Konsekuensi: Akun yang terdeteks dengan status baru dibuat akan langsung di-blacklist dan dihapus, sedangkan akun lama yang terafiliasi akan masuk kategori SP2 dan diawasi lebih lanjut. (Catatan: 1 orang hanya boleh memiliki 1 akun.)
- Customer service akan melakukan pendekatan untuk menentukan apakah responden masih dapat melanjutkan tugasnya atau tidak.
Stage 3: Penghapusan Akun dan Blacklist
Tahap ini berlaku jika pelanggaran yang dilakukan sudah sangat merugikan dan responden tetap tidak merespons hingga tahap 2. Termasuk Konsukuensi dari Multi-Akun, Fraud dan Eksploitasi Skala Tinggi. Akun akan Di-Blacklist sehingga Responden Tidak Bisa Mendaftar Kembali, dan Jika Ditemukan Mendaftar Kembali dan Melakukan Aktivitas di Quision maka Akan Di-Blacklist dan Dihapus kembali.
Pendaftaran Akun
- Untuk mengakses fitur Platform, Anda harus membuat akun. Selama pendaftaran, Anda harus memberikan informasi pribadi yang akurat dan lengkap.
- Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan informasi akun Anda dan tidak mengizinkan orang lain untuk menggunakan akun Anda.
Tujuan dari Platform
- Platform bertujuan untuk menyediakan sarana bagi peneliti untuk mencari responden yang relevan dengan kuesioner atau survei penelitian mereka.
- Responden yang terdaftar di Platform bersedia mengisi kuesioner atau survei penelitian dengan reward sesuai dengan batas yang ditentukan oleh peneliti.
Hak dan Kewajiban Peneliti dan Responden
- Peneliti berhak memposting kuesioner penelitian di Platform dan dapat menggunakan data responden dengan etika dan kepatuhan hukum.
- Responden berkewajiban untuk mengisi kuesioner dengan jujur dan memberikan informasi yang akurat.
Penangguhan Akun
Quision berhak untuk menghentikan atau menangguhkan akses Anda ke Platform kapan saja jika Anda melanggar Perjanjian ini atau terlibat dalam perilaku yang tidak pantas.
Privasi dan Perlindungan Data
- Quision berkomitmen untuk melindungi privasi dan data pribadi pengguna sesuai dengan undang-undang perlindungan data yang berlaku.
- Data pengguna akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan penelitian dan tidak akan diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa izin.
Kekayaan Intelektual
Quision adalah pemilik hak kekayaan intelektual dari Platform dan logo Quision. Pengguna tidak diizinkan untuk menggunakan, menyalin, atau mengubah tanpa izin.
Kepatuhan Hukum
Pengguna Platform diharuskan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku dalam penggunaan Platform ini.
Pembayaran dan Transaksi
- Transaksi pembelian layanan atau hadiah responden dilakukan melalui sistem pembayaran yang aman dan transparan.
- Pengguna dapat dikenakan biaya dan komisi tertentu dalam beberapa transaksi.
Penolakan Tanggung Jawab
- Quision menyediakan Platform sebagai sarana untuk menghubungkan peneliti dan responden, tetapi tidak mendukung atau menjamin akurasi, kualitas, atau legalitas dari setiap penelitian yang dilakukan melalui Platform.
- Quision tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan, atau kerugian yang timbul dari penggunaan Platform atau partisipasi dalam setiap penelitian.
- Quision menyediakan Platform sebagai penghubung antara peneliti dan responden, namun tidak bertanggung jawab atas isi kuesioner atau penelitian yang dilakukan oleh peneliti.
Penangguhan Akun
Quision berhak untuk menghentikan atau menangguhkan akses Anda ke Platform kapan saja jika Anda melanggar Perjanjian ini atau terlibat dalam perilaku yang tidak pantas.
Modifikasi
Quision dapat memodifikasi atau memperbarui Perjanjian ini kapan saja. Setiap perubahan akan efektif setelah diposting di Platform. Anda bertanggung jawab untuk memeriksa Perjanjian ini secara berkala untuk pembaruan.
Hukum yang Berlaku dan Yurisdiksi
Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada hukum Indonesia. Setiap sengketa yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada yurisdiksi pengadilan Indonesia.
Terima kasih telah menggunakan Quision sebagai platform penelitian Anda. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di customer.service@quision.id.
Privacy Policy
Tentang Privacy Policy
- menjelaskan bagaimana Quision mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi informasi pribadi Anda selama menggunakan platform Quision (“Platform”).
- Dengan mengakses atau menggunakan Platform, Anda menyetujui praktik yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Jika Anda tidak setuju, harap jangan menggunakan Platform.
Jenis Informasi Pribadi
Dalam proses pendaftaran akun dan penggunaan Platform, kami dapat mengumpulkan informasi pribadi Anda seperti nama, alamat email, nomor telepon, jenis kelamin, tanggal lahir, agama, domisili provinsi, pekerjaan, dan pendidikan terakhir.
Pengumpulan Informasi
- Kami mengumpulkan informasi pribadi Anda melalui formulir pendaftaran akun dan interaksi Anda dengan Platform, seperti pengisian kuesioner atau survei penelitian.
- Selain itu, kami menggunakan teknologi seperti cookies dan teknologi lainnya untuk mengumpulkan informasi tentang penggunaan Platform guna meningkatkan kualitas layanan kami.
Penggunaan Informasi
- Informasi pribadi yang kami kumpulkan digunakan untuk menyediakan layanan Platform dengan efisien, serta untuk menghubungkan peneliti dengan responden yang relevan.
- Kami dapat memberikan informasi demografi Anda sebagai responden kepada pihak peneliti Quision tanpa izin Anda untuk mempercepat proses validasi kriteria penelitian dan kebutuhan penelitian lainnya.
Perusahaan Pihak Ketiga
Kami tidak membagikan informasi pribadi pengguna kepada perusahaan pihak ketiga tanpa persetujuan pengguna, kecuali untuk tujuan penelitian atau jika diwajibkan oleh hukum.
Cookie dan Teknologi Lainnya
- Kami menggunakan cookies dan teknologi pelacakan lainnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna di Platform, seperti menyimpan preferensi Anda dan mengumpulkan informasi statistik.
- Anda dapat mengatur browser Anda untuk menolak cookies atau memberi peringatan saat cookies dikirim. Namun, perlu dicatat bahwa pengaturan ini dapat mempengaruhi fungsionalitas Platform.
Akses, Pembaruan, dan Penghapusan Informasi
Anda memiliki hak untuk mengakses, memperbarui, atau menghapus informasi pribadi Anda melalui pengaturan akun di Platform. Jika Anda memerlukan bantuan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di customer.service@quision.id.
Privasi Anak-anak
- Quision sangat menghargai privasi dan keamanan data pribadi, terutama untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun (“Anak-Anak”).
- Quision memiliki kebijakan khusus untuk melindungi data Anak-Anak dan memastikan keselamatan serta keamanan mereka selama berpartisipasi dalam survey yang dilakukan di Platform.
Perubahan pada Kebijakan Privasi
Kami dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Setiap perubahan akan disampaikan melalui pembaruan di Platform. Pengguna diharapkan untuk memeriksa Kebijakan Privasi secara berkala untuk pembaruan.
Informasi Kontak
Jika Anda memiliki pertanyaan atau permintaan terkait Kebijakan Privasi kami, silakan hubungi kami di customer.service@quision.id.
Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan Quision sebagai platform penelitian Anda. Privasi dan keamanan informasi Anda adalah prioritas kami.
Return and Refund Policy
Penafsiran dan Definisi Penafsiran
- “Quision” merujuk pada platform penelitian yang disediakan oleh Quision.id.
- “Peneliti” merujuk pada pihak yang membeli responden sebagai reward untuk mengisi kuesioner atau survei penelitian.
- “Responden” merujuk pada individu yang sukarela mengisi kuesioner atau survei penelitian melalui Quision.
- “Pembelian Responden” merujuk pada pembelian layanan Quision oleh peneliti untuk mendapatkan responden yang relevan.
Hak Pembatalan Pesanan Anda
- Peneliti memiliki hak untuk membatalkan pesanan pembelian responden dalam waktu 7 hari sejak tanggal pembelian, tanpa memberikan alasan apapun.
- Batas waktu pembatalan pesanan adalah 7 hari sejak tanggal peneliti melakukan pembayaran di Platform Quision.
-
Untuk melaksanakan hak pembatalan, peneliti harus memberi tahu Quision tentang keputusan pembatalan dan meminta pengembalian dana melalui email ke customer.service@quision.id. maupun sosial media kami lainnya dengan menyebutkan informasi penelitian dan nomor pesanan yang akan dibatalkan.
Ketentuan untuk Pengembalian
- Kebijakan pengembalian dana berlaku hanya untuk kuisioner yang dibatalkan, atau telah memasuki waktu tenggat dan responden valid tidak tercapai sesuai kuota yang telah dipesan (dengan batas waktu 90 hari setelah memasuki masa tenggat).
- Pengembalian Dana dalam bentuk apapun dikenakan biaya layanan yang telah dibayar dan kompensasi untuk responden valid yang telah mengisi kuisioner.
-
Quision berhak menolak pengembalian dana jika sewaktu-waktu ditemukan kecurangan atau manipulasi lainnya.
Pengembalian Barang
Kebijakan pengembalian barang tidak berlaku untuk layanan pembelian responden melalui Quision, karena sifat layanan yang bersifat immaterial dan dapat langsung diakses oleh peneliti.
Hadiah
- Jika peneliti memberikan hadiah tambahan kepada responden sebagai bagian dari penelitian, Quision tidak bertanggung jawab atas pengiriman, kualitas, atau penerimaan hadiah oleh responden.
-
Pengaturan hadiah dan pengiriman hadiah sepenuhnya menjadi tanggung jawab peneliti, dan Quision tidak memiliki peran dalam proses ini.
Hubungi Kami
Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin meminta klarifikasi tentang Return and Refund Policy, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui:
Email: customer.service@quision.id.
Tim Quision dengan senang hati akan membantu Anda dengan pertanyaan atau kebutuhan Anda. Terima kasih telah mempercayai Quision sebagai platform penelitian Anda.